Minggu, 06 Januari 2013

Siapakah Sosok Camelia dalam Syair Lagu Ebiet G Ade

Camelia, sebuah tembang cinta yang menjadi hits di akhir tahun 70an milik seorang penyanyi dengan nama asli abid Ghoffar, atau yang lebih dikenal dengan nama Ebiet G Ade. Penyanyi kelahiran Banjarnegara itu banyak menulis lagu dari kisah hidupnya yang berliku.

Perjalanan hidup Ebiet memang penuh dengan kerikil dan tebing curam, dimulai saat dirinya keluar dari sekolah pendidikan guru agama hingga merantau ke Jakarta untuk menggapai mimpinya menjadi seorang musisi. Selama hidup di Jakarta, kehidupannya jauh dari cukup, bahkan dirinya pernah menjadi tukang rehab bangunan yang pada waktu itu ditugasi untuk memasang instalasi listrik di rumah-rumah. Dan disitulah inspirasinya hadir, diantaranya lagu Camelia.

Ebiet berkata"Camelia itu betul-betul figur imajinatif, sosoknya tidak ada, tidak pernah ada orang yang namanya Camelia, Saya mendapatkan nama itu entah dari mana saya lupa." Kondisi Ebiet pada waktu itu tidak memungkinkan ia mencintai sosok wanita seperti Camelia yang digambarkan dengan begitu indahnya.
Pada akhirnya, lagu Camelia laku keras dipasaran, Ebiet G Ade menyambung inspirasinya dengan menghadirkan lagu Camelia II hingga IV, tapi kemudian menghentikan karena tak ingin dianggap sebagai pengeksploitasi seni, walau sang produser menginginkan untuk terus.
Artikel Terkait

Artikel ini ditulis oleh : Unknown ~ Blogger Pasuruan

Muhammad Arif Taufiq Terimakasih sahabat telah membaca : Siapakah Sosok Camelia dalam Syair Lagu Ebiet G Ade. Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

  1. camelia adalah nama latin dari tanaman teh.. mungkin waktu itu om ebiet lagi ngeteh, ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh.. bukan ngeteh.. kita ini hidup melayu.. dan hidup Ebiet G. ade lagu lagunya.. amat yang berqualiti.. Camellia itu bukan dari tanaman teh.. yoooo.. hahaha.

      Hapus