Minggu, 27 Januari 2013

Cara Membedakan Makanan Berformalin dan Tidak Berformalin


Saat ini banyak makanan dan minuman yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan namun kali ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana untuk mengenalinya.  Makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya memang tidak gampang dikenali namun bukannya tidak mungkin, ada beberapa cara untuk mengenalinya
Setelah Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menyiarkan berbagai produk makanan yang mengandung formalin, langsung saja berita ini jadi perbincangan hangat masyarakat. BBPOM juga mengungkapkan bahaya formalin bagi kesehatan.
Akhir-akhir ini berita mengenai produk pangan berformalin kembali mencuat ke permukaan. Bukan tidak mungkin hal tersebut membuat kekhawatiran di masyarakat. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dalam mengenali produk pangan berformalin. Nah, berikut adalah cara mengenali produk berformalin :



  • Ikan
Ikan berformalin tidak mengundang kawanan lalat untuk mendekat, tekstur daging lebih kaku, insang tidak berwarna merah segar, bau amis menyengat khas formalin, daging kenyal sedikit keras dan berwarna putih pucat, serta memiliki serat yang kencang.
  • Ayam potong
Daging ayam yang mengandung formalin berwarna putih bersih, aroma menyengat khas formalin dan memiliki tekstur daging yang cenderung keras.
  • Tahu
Tahu yang berformalin memiliki tekstur yang sangat halus serta tidak mudah hancur, sedikit kenyal, aroma kedelai tidak begitu terasa.
  • Mie basah
Aroma mie berformalin sangat menyengat, mie tampak mengkilap seperti dilumuri minyak, tekstur sangat kenyal, dan tidak mudah lengket.
  • Tempe
Tempe yang bagus adalah tempe yang memiliki aroma segar khas kacang kedelai, terasa padat jika ditekan, dan memiliki permukaan yang putih diselimuti jamur.
Satu lagi bahaya yang sering tak disadari adalah kemasan dari plastik, styrofoam, dan melamin. Jika kemasan itu diisi dengan bakso panas, soto panas, teh panas, dan makanan atau minuman serba panas akan dapat menyebabkan kanker. Nah, mulai sekarang kita harus berhati-hati dalam menkonsumsi makanan sehari-hari, kesehatan itu mahal harganya ... 

Sumber :
http://lapar.com/tips-mudah-mengenali-makanan-mengandung-zat-berbahaya/#.UQUGq666rDc
http://investigasiberita.blogspot.com/2012/04/cara-mudah-membedakan-makanan-ber.html
Artikel Terkait

Artikel ini ditulis oleh : Unknown ~ Blogger Pasuruan

Muhammad Arif Taufiq Terimakasih sahabat telah membaca : Cara Membedakan Makanan Berformalin dan Tidak Berformalin . Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar