Buat yang ingin melamar kerja, mau lulus (seperti saya) maupun yang masih fresh graduate tapi belum mendapat pekerjaan mungkin tips dibawah ini bisa bermanfaat ^^
Tamat dari kuliah atau sekolah maka kita
akan dihadapkan dengan tiga pilihan yakni melanjutkan study ke jenjang
yang lebih tinggi, menikah, atau bekerja. Untuk saat ini penulis akan
fokus kepada pilihan yang terakhir yakni BEKERJA. Untuk bekerja tentu
kita akan memasuki fase baru yang dimulai dengan melirik peluang kerja
yang ada. Dari perjalanan penulis, ada beberapa point yang harus
diperhatikan oleh fresh graduate dalam melamar pekerjaan :
a. Posisi/jabatan yang diinginkan
Perhatikan posisi atau jabatan yang tersedia dalam sebuah lowongan
kerja. Cari tahu detail informasi mengenai uraian kerja yang biasanya
dilakukan oleh seseorang yang bekerja untuk posisi tersebut. Selain
uraian pekerjaan, galilah informasi seputar jenjang karir yang ada serta
gaji yang dibayarkan untuk posisi tersebut. Hal ini penting sekali
dilakukan agar anda tidak salah memilih pekerjaan. Lain lubuk lain
ikannya, lain padang lain ilalang, demikian pula halnya pekerjaan. Di
instansi yang berbeda maka beban kerja, gaji, dan jenjang karirnya pun
akan berbeda detailnya, namun gambaran umumnya tetaplah sama. Pastikan
kita tertarik dengan posisi atau jabatan tersebut, jika tidak abaikan
dan cari yang lain.
b. Kualifikasi yang dibutuhkan
Sebelum membuat lamaran, perhatikan kualifikasi atau syarat-syarat yang
diminta oleh perusahaan sesuai yang ada di informasi lowongan kerja.
Siapkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti ijazah, sertifikat, foto,
CV, TOEFL, dan sebagainya sesuai dengan informasi yang ada. Khusus untuk
lamaran yang terbuka secara global, komputerisasi, dan dengan sistem
yang baik, maka pastikan anda memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan
dan melampirkan dokumen pendukung yang diminta, jika tidak, maka bisa
jadi lamaran anda tidak akan diproses lebih lanjut.
Namun, untuk melamar di perusahaan lokal/daerah atau perusahaan kecil,
maka jika ada satu atau dua persyaratan yang tidak anda penuhi, maka
jangan langsung patah semangat. Bagi anda yang memiliki semangat dan
keyakinan yang tinggi untuk mampu mengerjakan pekerjaan yang dimaksud,
maka tetaplah mengajukan lamaran dengam membuat surat lamaran dan CV
yang mampu menarik perhatian HRD/Pimpinan perusahaan. Perbedaan jurusan,
jenis kelamin, batasan usia minimal atau maksimal, dan pengalaman kerja
merupakan beberapa faktor yang masih dapat dipertimbangkan oleh
perusahaan jika anda mampu memberikan kesan yang baik di CV dan saat
wawancara.
c. Berkas lamaran
Buatlah berkas lamaran dengan tata bahasa yang baik dan memiliki nilai
jual. Selain surat lamaran, lengkapi berkas lamaran anda dengan CV.
Adapun informasi yang perlu diuraikan di dalam CV adalah biodata anda
(nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, foto, alamat, dan nomor
handphone), riwayat pendidikan formal, riwayat pendidikan informal,
pengalaman organisasi, pengalaman kerja (jika ada), uraian singkat
mengenai kelebihan dan kekurangan anda. Untuk pendidikan dan pengalaman
kerja, uraikan dari yang terbaru. Saat menuliskan kekurangan anda,
lengkapi dengan langkah atau cara yang anda gunakan untuk mengatasi
kekurangan tersebut. Pastikan surat lamaran dan CV ditandatangani dan
dibubuhi nama terang.
Memilih berkas lamaran di antara tumpukan lamaran yang ada bukanlah hal
yang mudah bagi HRD atau pimpinan perusahaan. Surat lamaran dan CV
adalah senjata anda untuk mendapatkan kesan pertama yang baik guna
mencuri perhatian mereka. So, jangan takut untuk berkreasi dalam membuat
lamaran dan CV yang menarik.
Lampirkanlah sertifikat yang memiliki relevansi dengan pekerjaan yang
sedang anda lamar. Sertifikat yang tidak memiliki relevansi meski
jumlahnya banyak sekali anda lampirkan, tetap tidak akan menjadi poin
penilaian bagi HRD/pimpinan perusahaan.
d. Alamat dan Nomor Telp
Alamat dan nomor telepon merupakan hal yang wajib anda tuliskan di
amplop lamaran. Ingat, berikan nomor telepon yang valid. Khusus bagi
anda yang senang sekali gonta-ganti nomor telepon, maka sudah saatnya
anda memiliki nomor telepon yang fixed. Inilah yang akan menjadi
kendaraan bagi anda untuk menerima kabar dari perusahaan mengenai
lamaran anda. Setelah menuliskan nomor telepon, check kembali untuk
memastikan nomor yang anda tulis benar adanya.
Saya sering kali menemui pelamar yang nomor handphone atau telponnya
tidak valid. Hal hasil perusahaan tidak bisa menghubungi dan peluang
anda mendapatkan pekerjaan akan hangus seketika. Handphone atau telpon
anda harus selalu standby untuk dapat dihubungi, jangan sampai
kesempatan anda mendapatkan pekerjaan justru hilang karena hp anda tidak
aktif atau anda berada dilokasi yang tidak ada signal.
Well, ketika anda menuliskan alamat di amplop lamaran, pastikan anda
menulis alamat anda di sebelah kiri atas amplop, dan alamat perusahaan
yang dituju di sebelah kanan bawah amplop. Ini sangat simpel tapi ada
juga penulis menemukan pelamar yang tidak paham dengan aturan penulisan
alamat surat.
sumber foto : ritzproject.blogspot.com
Ketika anda melamar sebagai sekretaris,
administrasi, atau receptionist, maka ini akan menjadi salah satu
perhatian bagi perusahaan. Bagaimana mungkin anda mampu mengemban tugas
yang lebih komplek jika dasar-dasar surat menyurat saja anda tidak
familiar.
e. Pakaian
Bagi anda yang akhirnya lulus seleksi administrasi tentu akan dipanggil
untuk melakukan serangkaian test. Saat test, perhatikan performance
anda. Pilihlah pakaian yang formal (kemeja atau blezzer dipadukan dengan
celana atau rok). Hindari penggunaan celana atau rok berbahan jeans
karena menimbulkan kesan terlalu santai (informal). Lengkapi dandanan
anda dengan menggunakan sepatu (jangan sesekali menggunakan sandal).
Pakaian anda tidak harus mahal, tetapi harus sopan. Gunakan pewangi atau
parfum yang soft karena aroma yang terlalu keras justru akan sangat
menganggu orang di sekitar anda, terutama pewawancara.
f. Pilihan bahasa dan Body language
Saat test, jika anda tidak berani pergi sendiri, anda dapat ditemani
oleh teman anda, namun pastikan ketika masuk ke kantor perusahaan
tersebut, anda masuk sendiri. Membawa teman saat test tentu akan
menciptakan image bahwa anda bukan pribadi yang independen. Dan di saat
anda diminta untuk menunggu di lobby atau ruangan tunggu, maka jagalah
body language anda. Jika anda menunggu dengan calon kandidat yang lebih
dari satu orang, tentu akan ada momen dimana anda saling berbicara
dengan para kandidat. Berbicaralah dengan intonasi yang baik dan jaga
volume suara anda, jangan sampai menimbulkan suara gaduh. Jika anda atau
rival anda memiliki opini seputar kesan pertama di kantor tersebut,
sebaiknya tidak perlu di bahas di dalam kantor tersebut. Hal ini perlu
diperhatikan karena bisa jadi selama anda di ruang tunggu, perusahaan
telah menilai anda, bisa melalui CCTV atau justru kuping reseptionist.
Saat wawancara, tunjukkan sikap yang tenang , sopan, dan pakailah bahasa
yang baik dan jelas. Duduklah dengan tegak, letakkan tangan anda di
paha anda, jangan sekali-kali meletakkan tangan anda dimeja. Body
language lahir secara refleks dari apa yang anda pikirkan, inginkan, dan
rasakan.
Tegas, lugas, dan konsistenlah dalam menjawab setiap pertanyaan yang
dilontarkan. Pandangan mata lurus ke depan menatap pewawancara dengan
antusias. Ini akan mampu memberikan kesan bahwa anda adalah pribadi yang
energik dan bertanggung jawab. Konsentrasilah terhadap pertanyaan yang
diberikan oleh pewawancara sehingga anda tidak salah dalam menafsirkan
dan memberikan jawaban. Meski anda tegas, namun jangan pelit untuk
tersenyum. Senyum justru akan menunjukkan bahwa anda pribadi yang ramah
dan tenang dalam bersikap.
g. Gaji
Gaji adalah hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan namun tidak bisa
diabaikan. Bagi fresh graduate, hindari mematok gaji yang terlalu tinggi
karena anda belum memiliki pengalaman. Mintalah gaji sesuai dengan
standar gaji pada umumnya untuk posisi tersebut. Penulis justru
seringkali menemukan fresh graduate yang mematok gaji yang sepadan
dengan gaji senior di posisi tersebut. Menurut penulis, ini bukanlah
langkah yang tepat. Jika perusahaan tidak membahas detail gaji,
sebaiknya tidak perlu menanyakan detail gaji dan tunjangan yang
diberlakukan di perusahaan tersebut. Ini menimbulkan kesan agresif
karena bisa jadi test yang dilakukan lebih dari satu kali.
Ketika anda diterima bekerja di sebuah perusahaan, pastikan anda bekerja
dalam sebuah perjanjian yang jelas yang dituangkan secara tertulis.
Surat perjanjian tersebut memuat uraian pekerjaan secara terperinci.
Aturan yang jelas mengenai hak (gaji dan tunjangan) dan kewajiban anda
juga dituangkan dalam perjanjian kerja tersebut. Sebelum anda
menandatangani kontrak kerja tersebut, baca dengan teliti dan jika ada
yang anda tidak mengerti tanyakan langsung. Jangan pernah menerima
pekerjaan yang tidak jelas hak dan kewajiban anda. Awalnya mungkin tidak
masalah, tapi hal ini bisa merugikan anda. Perusahaan akan dapat
seenaknya melakukan perubahaan terhadap gaji dan tunjangan anda karena
tidak ada bukti tertulis untuk dijadikan bantahan. Selain itu anda juga
akan dapat diberikan job description atau uraian pekerjaan yang dari
hari ke hari terus meningkat kuantitasnya dan jenisnya, bahkan bukan
tidak mungkin anda akan diberikan tanggung jawab yang jauh lebih besar
namun anda dibayar dengan jumlah gaji yang sama.
h. Hari Pertama Bekerja
Hari pertama bekerja adalah saat yang paling menentukan image anda di
mata sesama karyawan, maupun pimpinan. Hadapi hari pertama anda dengan
tenang dan datanglah sedikit lebih awal sehingga anda memiliki sedikit
waktu untuk sekedar merilekskan diri. Tersenyumlah, ya senyum adalah
langkah termudah, murah, namun mempunyai power yang luar biasa. Jadilah
pribadi yang ramah sehingga anda membuat orang nyaman bersama anda.
Jangan sungkan untuk bertanya jika anda tidak yakin akan sesuatu hal,
ini tentu tidak semata menghindari terjadinya kesalahpahaman, anda
justru terhindar dari resiko melakukan kesalahan.
Jadilah pengamat yang baik di hari pertama anda, pelajari step by step
sistem yang ada serta kenali budaya kerja di sana. Anda boleh menggali
informasi tentang perusahaan tetapi lakukan dengan cara-cara yang cantik
sehingga anda tidak terkesan agresif.
i. Kontribusi
Meskipun anda seorang fresh graduate, jangan pernah merasa minder dengan
senior tempat anda bekerja, fokuslah untuk terus belajar dan belajar
agar anda mampu meningkatkan kinerja anda. Lakukan evaluasi sehingga
anda mampu meminimalisir kesalahan yang sama dalam menyelesaikan
pekerjaan anda. Berikanlah ide atau terobosan yang dapat menjadi
kontribusi nyata bagi perusahaan untuk memiliki sistem kerja yang lebih
baik sehingga pekerjaan yang sama dapat dilakukan dalam rentang waktu
yang lebih cepat dan dengan hasilyang lebih akurat, tepat, dan
berkualitas.
j. Peraturan perusahaan
Dunia sekolah atau kampus tentu berbeda dengan dunia kerja. Di dunia
kerja anda terikat dalam sebuah sistem yang memiliki peraturan yang
wajib untuk anda patuhi. Jadi, sebagai fresh graduate, jangan menganggap
remeh peraturan yang ada, salah-salah anda justru dapat di berikan
surat teguran atau bahkan dipecat karena ketidaktaatan anda terhadap
peraturan yang ada meskipun anda seorang yang jenius sekalipun.
k. Love your job
Dalam bekerja, anda harus memberikan yang terbaik yang anda punya
sehingga orang bisa melihat kualitas anda yang nantinya menjadi dasar
bagi perusahaan dalam mengevaluasi kinerja anda. Hal ini akan berdampak
kepada jenjang karir anda yang berujung pada peningkatan
gaji/tunjangan. Namun demikian, jangan pernah anda sekali-kali mencintai
perusahaan tempat anda bekerja, yang perlu anda camkan adalah bagaimana
anda mencintai pekerjaan anda.
Semoga tips-tips di atas dapat memberikan solusi atas permasalahan anda
dan menjadi inspirasi yang menumbuhkan motivasi di diri anda untuk
menjadi pribadi yang lebih baik. Welcome to the real world!
Sumber :
http://muda.kompasiana.com/2012/05/23/tips-melamar-pekerjaan-dan-membangun-karir-untuk-fresh-graduate-459402.html
Artikel Terkait
Artikel ini ditulis oleh : Unknown ~ Blogger Pasuruan
Terimakasih sahabat telah membaca : Tips Melamar Pekerjaan dan Membangun Karir untuk Fresh Graduate. Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar